Cara membalik putaran motor capasitor 1 phasa (permanent capacitor motor)

Motor capasitor merupakan motor listrik AC satu fasa. Motor capasitor ini biasa kita jumpai pada pompa air, kompresor AC, mesin cuci, dan lain sebagainya. Konstruksi pada motor capasitor ini sangat sederhana dan berdaya kecil dengan tegangan 220VAC. Stator motor capasitor ini hanya terdiri dari 2 kumparan/lilitan. Satu kumparan utama dan satu kumparan bantu. Motor ini memiliki capasitor yang dihubungkan secara seri dengan belitan bantu dan pararel dengan belitan utama. Fungsi dari kapasitor itu sendiri adalah untuk memperbesar kopel atau torsi start awal , mengurangi arus start awal motor, serta mempertajam pergeseran beda fasa antara belitan utama dan belitan bantu hingga mendekati 90⁰. Untuk membalik atau merubah putaran motor ini sangat mudah, yaitu hanya dengan membalik polaritas kumparan utama atau kumparan bantu. untuk lebih jelasnya, lihat pada gambar dibawah berikut ini :
 http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/10/Membalik-putaran-motor-capasitor.html
 http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/10/Membalik-putaran-motor-capasitor.html
 http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/10/Membalik-putaran-motor-capasitor.html


Penting untuk diingat, bahwa ketika anda ingin mengubah atau membalik arah putaran motor dengan membalik polaritas tegangan, maka itu sama saja dengan anda membalik kedua polaritas gulungan utama dan gulungan bantu. Dan hasilnya arah putaran motor akan tetap sama atau tidak berubah.


Baca juga artikel tentang  “cara membalik putaran motor AC induksi 3 fasa” atau “membalik putaran motor DC seri” . Semoga artikelnya bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara membalik putaran motor capasitor 1 phasa (permanent capacitor motor)"

  1. pa mohon dibantu masalah saya, sy sdng membuat suatu alat dg menggunkan motor atau dinamo mesin air kecil 125watt, kebetulan kebutuhan putaran mesin nya harus dibalik dan sy sdh mncoba nya dg memutar polaritas kumparan utama atau kumparan bantu. tapi kendalanuya kenapa ya saat star pertama harus di bantu putar dg tangan atau stara awal nya agak lemah tidak sprti normal sblumnya star awalnya langsung mutar kencang sebelum polaritas kumparan utama atau kumparan bantunya di balik. mohon pencerahaanya pak bagaimana solusi nya.sebelum dan sesudah nya sy ucpkan trimaksaih bnyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kumparan bantu dan capasitornya....
      Maaf kalau salah.....

      Delete
  2. DINAMO AC (www.dinamogear.com)

    ReplyDelete
  3. DINAMO AC (www.dinamogear.com)

    ReplyDelete
  4. selamat sore,pa mohon di bantuncara membalikan putaran dinamo 1 phase dengan 2 kapasitor dan saklar senteipugal.terima kasih

    ReplyDelete