Cara membalik putaran motor induksi 3 fasa (forward reverse)

Motor induksi 3 fasa adalah motor yang paling populer atau paling banyak digunakan dalam penggerak mesin-mesin di industri. Seperti penggerak pada pompa, conveyor, kompresor, blower, dan lain-lain. Hal itu mungkin dikarenakan motor induksi ini mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh motor-motor jenis yang lain, seperti ; kontruksinya yang sederhana, tahan lama, perawatannya mudah, dan punya efisiensi yang tinggi. Namun artikel kali ini tidak membahas tentang motor induksi secara keseluruhan. Artikel kali ini hanya akan membahas sedikit tentang bagaimana cara membalik putaran motor induksi 3 fasa.

Untuk membalik arah putaran motor induksi 3 fasa adalah dengan membalik salah satu polaritas tegangan yang masuk ke motor. coba perhatikan gambar dibawah ini.

http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/10/Membalik-Putaran-Motor-3-fasa.html



Pada gambar diatas terlihat kalau motor akan berputar ke kanan (forward) jika terminal belitan/winding motor menerima tegangan RST dengan R terhubung dengan U, S terhubung dengan V dan T terhubung dengan W. Dan motor akan berputar ke arah sebaliknya (reverse) jika terminal winding motor menerima tegangan RST dengan R terhubung dengan U, S terhubung dengan W dan T terhubung dengan V. Dengan kata lain tegangan RST dibalik menjadi RTS. Membalik dengan polaritas yang lain juga bisa, seperti R dengan S, atau R dengan T.
Untuk mengubah atau membalik polaritas tegangan RST itu biasanya digunakan rangkaian pengendali mekanik dan magnetik yaitu rangkaian kontaktor. Dan sebagai pengaman motor dipasang juga pelindung motor (thermal overload). Perhatikan gambar diagram utama/daya forward reverse berikut ini.

http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/10/Membalik-Putaran-Motor-3-fasa.html
Rangkaian daya forward reverse. K1 ON(forward), K2 ON(reverse)
Gambar diatas menunjukkan bahwa motor akan berputar ke kanan(forward), jika K1 bekerja. Saat kontaktor 1 bekerja, tegangan RST akan masuk ke motor secara berurutan. Dan gambar diatas juga menjelaskan kalau motor akan berputar ke kiri(reverse), jika K2(kontaktor 2) bekerja. Saat K2 bekerja maka polaritas tegangan RST yang masuk kemotor akan dibalik menjadi TSR.(lihat gambar diatas).dan yang terjadi adalah motor akan berputar ke kiri.
Untuk mengatur atau mengendalikan kedua kontaktor tersebut diperlukan rangkaian kontrol forward reverse. Dan dibawah ini adalah diagram rangkaian kontrol forward reverse. Perhatikan gambar berikut, dan pahami bagaimana cara kerjanya.
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/10/Membalik-Putaran-Motor-3-fasa.html
Rangkaian kontrol forward reverse

Tegangan kerja koil kontaktor pada gambar rangkaian kontrol diatas adalah 220VAC. Sehingga gambar diatas mendapatkan catu daya fasa(R) dan nol(N). Namun biasanya juga digunakan kontaktor dengan koil kerja 380VAC, jadi harus diberi catu daya dengan tegangan line(fasa-fasa). Tegangan line disini berarti R-S,R-T atau S-T. Pemberian tegangan ini sebenarnya tergantung dari koil kontaktornya karena bisa juga tegangan kerja koil itu 100V,200V dan sebagainya. Pada gambar diatas terlihat bahwa arus listrik akan mengalir dan mengaktifkan K1 jika tombol ON1 ditekan. Meskipun ON1 dilepas K1 akan tetap aktif, hal ini dikarenakan ada interlock dari kontak bantu NO(K1) yang dipasang pararel dengan ON1. Sehingga arus listrik tetap mengalir ke koil kontaktor lewat kontak bantu NO(K1) tersebut. Saat K1 aktif hal ini berarti motor berputar ke kanan(forward). Dari gambar diatas juga terlihat adanya kontak bantu NC(K1) yang dipasang secara seri dengan koil K2, dan sebaliknya kontak bantu NC(K2) yang dipasang seri denga koil K1. Kontak bantu NC disini berfungsi sebagai interlock pengaman. Misalnya, jika ON1 ditekan dan K1 aktif (motor berputar forward), meskipun ON2 ditekan maka arus listrik tidak akan mengalir ke koil K2, karena NC(K1) tersebut telah membuka. Dan untuk membalik putaran(reverse), maka harus ditekan tombol OFF terlebih dahulu, sehingga K1 off dan tombol ON2 sekarang bisa ditekan untuk mengaktifkan koil K2. Sehingga motor bisa berputar ke kiri(reverse). Begitu juga untuk mengembalikan putaran motor ke forward.


Sampai disini dulu artikel tentang cara membalik arah putaran motor induksi 3 fasa. Baca juga artikel yang lain tentang “cara membalik putaran motor DC seri”.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Cara membalik putaran motor induksi 3 fasa (forward reverse)"

  1. Pak,jika kita menggunakan tombol JOG dan Saklar Tukar iu rangkaiannya bagaimana pak? mohon penjelasannya saya belum mengerti,maklum murid baru..

    #SMKDharmapalaPanjang Bandar Lampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang dimaksud tombol jog itu adalah tombol (push button unlock NO/NC).. yach hubungkan kontak NC tombol secara seri dengan pengunci, sedangkan kontak NO tombol hubungkan secara pararel dengan tombol on.. nach terus fungsi saklar tukarnya itu buat apa?? maaf saya gak paham perintahnya..

      Delete
  2. Maaf pak numpang tanya, rangkaian diatas bisa dibuat prototype tidak?

    Makasih

    ReplyDelete
  3. infonya sangat bermanfaat
    link balik : http://info-listrik.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. pak. mana yang lebih kencang putarannya antara motor 1 pase dan 3 pase, ?

    ReplyDelete
  5. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  6. Mau tanya mas..adakah pengaruh kekuatan motor dan pom ketika kita membalik arus masuk seharusnya putar kanan menjadi putaran kiri..kekuatan dan daya dorong apakah mengurangi daya putar dan daya dorong motor dan pomp tersebut..mohon pencerahannya..thx

    ReplyDelete
  7. Nice share. Please share this too.

    1. Troy-Bilt XP Squall 2160 XP 21-in Single-stage Gas Snow Blower : http://www.toolsbuff.com/products/Troy%252dBilt-XP-Squall-2160-XP-21%252din-Single%252dstage-Gas-Snow-Blower.html

    2. SIMPSON 4200-PSI 3.5-GPM Water Gas Pressure Washer : http://www.toolsbuff.com/products/SIMPSON-4200%252dPSI-3.5%252dGPM-Water-Gas-Pressure-Washer.html

    3. Briggs & Stratton PowerSmart 2600-Running-Watt Inverter Portable Generator with Briggs & Stratton Engine : http://www.toolsbuff.com/products/Briggs-%26-Stratton-PowerSmart-2600%252dRunning%252dWatt-Inverter-Portable-Generator-with-Briggs-%26-Stratton-Engine.html

    4. Toysmith Caterpillar Cat Take A Part Wheel Loader : http://www.toolsbuff.com/products/Toysmith-Caterpillar-Cat-Take-A-Part-Wheel-Loader.html

    5. Tamiya M3 GT2 2009 RC BMW Vehicle : http://www.toolsbuff.com/products/Tamiya-M3-GT2-2009-RC-BMW-Vehicle.html

    6. Agilent HP 8714ES 30KHz to 3GHz RF Network Analyzer : http://www.toolsbuff.com/products/Agilent-HP-8714ES-30KHz-to-3GHz-RF-Network-Analyzer.html

    ReplyDelete
  8. Bagi yg butuh...
    Jasa Wiring & Rakit Panel Area JABODETABEK, Silahkan Hubungi 085777839042

    ReplyDelete