Cara Membalik Arah Putaran Motor Star Delta

Mungkin ini adalah artikel lanjutan dari merubah arah putaran motor listrik. Dan artikel kali ini akan membahas bagaimana cara merubah atau membalik arah putaran motor induksi listrik 3 fasa yang beroperasi dengan koneksi star delta.
Untuk membalik arah putaran motor star delta sebenarnya sama saja dengan membalik putaran motor induksi 3 fasa yang beroperasi dalam koneksi delta ataupun motor induksi 3 fasa yang beroperasi dalam koneksi star, yaitu dengan membalik salah satu tegangan yang masuk ke motor. Namun dalam metode start star delta, motor 3 fasa tersebut dioperasikan dalam kedua koneksi yaitu koneksi star pada mula startnya dan setelah itu berganti dengan koneksi delta. karena hal itu akan ada 6 terminal pada motor yang didesain untuk metode start star delta. Perhatikan gambar dibawah ini. (jika gambar kurang jelas klik pada gambar untuk memperjelas)
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/10/Membalik-Putaran-Motor-Star-Delta.html
Diagram rangkaian daya beserta koneksinya
Mungkin gambar diatas sudah menjelaskan begitu banyak tentang koneksi motor secara star, delta, dan star delta. Coba perhatikan pada gambar C (koneksi star delta) diatas, jika K1 dan K3 bekerja maka motor akan beroperasi pada koneksi star dan jika K1 dan K2 yang bekerja motor akan beroperasi dalam koneksi delta. Lalu bagaimana cara membalik arah putaran motor koneksi star delta tersebut ? untuk membaliknya kita bisa membalik salah satu tegangan yang masuk ke motor,  untuk membalik tegangan tersebut kita harus berhati-hati agar motor tidak kehilangan salah satu tegangan (phase loss). Untuk lebih mudahnya kita bisa membalik tegangan pada titik sumbernya untuk menghindari phase loss. Seperti pada gambar dibawah berikut ini. (jika gambar kurang jelas klik pada gambar untuk memperjelas)
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/10/Membalik-Putaran-Motor-Star-Delta.html
Membalik arah putaran motor star delta dengan mengubah polaritas pada titik sumber tegangan
Dari gambar diatas jelas terlihat kalau sumber tegangan tiga fasa RST dibalik menjadi SRT, sehingga arah putaran motor bisa berbalik. Memang arah putaran motor bisa berputar balik namun rangkaian tersebut terlihat tidak selaras atau tidak seragam dengan rangkaian-rangkaian yang lain. Oleh karena itu para mekanik biasanya lebih memilih untuk membalik tegangan pada terminal motor. Dan cara membalik putaran motor seperti inilah yang biasanya terjadi kesalahan phase loss, oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam membalik salah satu tegangan tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini.
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/10/Membalik-Putaran-Motor-Star-Delta.html
Membalik putaran motor star delta. mengubah polaritas tegangan yang masuk pada terminal motor
Dari gambar diatas terlihat tegangan R(berwarna merah) dibalik dengan tegangan S(berwarna kuning). Coba perhatikan gambar diatas, tegangan yang dibalik tidak hanya pada satu ujung terminal belitan U1V1W1, namun juga pada ujung terminal belitan yang lain U2V2W2 dalam contoh ini (pada motor tipe lain biasanya terminal motor diberi label UVWXYZ). Yang terpenting dalam membalik rangkaian ini adalah kita harus tahu terlebih dulu, yang mana belitan U1U2, V1V2, W1W2. Bagi yang belum tahu tentang apa itu star delta atau apa itu fungsi star delta dan apa saja kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat merangkai rangkaian star delta, bisa anda buka artikel saya sebelumnya tentang “rangkaian diagram star deltamotor induksi 3 fasa”.

Baca juga artikel tentang cara membalik putaran motor listrik yang lain, seperti “cara membalik putaran motor seri (forward reverse)”. Semoga artikelnya bisa bermanfaat, terima kasih.




Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Membalik Arah Putaran Motor Star Delta"

  1. Mohon bantuan nya...?? Saya coba ... Putar ... Seperti di atas tapi malah trip ...?? Apa tidak berpengaruh pada motor ..?? Mohon balasan nya..

    ReplyDelete
  2. Waduh nda salah kah mas nhe rangkaian klo mo rangkaian RF nda bsa itu pake star delta karena beda fungsi bgtu setau saya

    ReplyDelete
  3. jadi seperti ini cara kerja nya. kami jual helical gear dengan harga murah

    ReplyDelete
  4. Bagi yg butuh...
    Jasa Wiring & Rakit Panel Area JABODETABEK, Silahkan Hubungi 085777839042

    ReplyDelete