Pengertian / Penjelasan Singkat Motor Listrik

Motor listrik adalah suatu perangkat elektromagnetik yang digunakan untuk mengkonversi atau mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Hasil konversi ini atau energi mekanik ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti digunakan untuk memompa suatu cairan dari satu tempat ke tempat yang lain pada mesin pompa, untuk meniup udara pada blower, digunakan sebagai kipas angin, dan keperluan – keperluan yang lain.

Berdasarkan jenis dan karakteristik arus listrik yang masuk dan mekanisme operasinya motor listrik dibedakan menjadi 2, yaitu motor AC, dan motor DC.

Ada 2 jenis motor pada motor AC, yaitu :
  1. Motor sinkron, yaitu motor AC (arus bolak-balik) yang bekerja pada kecepatan tetap atau konstan pada frekuensi tertentu. Kecepatan putaran motor sinkron tidak akan berkurang (tidak slip) meskipun beban bertambah, namun kekurangan motor ini adalah tidak dapat menstart sendiri. Motor ini membutuhkan arus searah (DC) yang dihubungkan ke rotor untuk menghasilkan medan magnet rotor. Motor ini disebut motor sinkron karena kutup medan rotor mendapat tarikan dari kutup medan putar stator hingga turut berputar dengan kecepatan yang sama (sinkron).
  2. Motor asinkron atau yang lebih dikenal sebagai motor induksi,  yaitu motor AC yang paling umum digunakan atau diaplikasikan pada mesin-mesin di industri. Motor induksi sangat berbeda dengan motor DC, jika pada motor DC arus listrik dihubungkan secara langsung ke rotor melalui sikat-sikat (brushes) dan komutator (commutator). Jadi kita bisa mengatakan motor DC adalah motor konduksi karena menggunakan sikat-sikat sebagai konduktornya. Sedangkan pada motor AC, rotor tidak menerima sumber listrik secara konduksi tapi dengan induksi. Oleh karena itu motor AC jenis ini disebut juga sebagai motor induksi.
Ada 2 jenis motor pada motor DC, yaitu :
  1. Motor DC sumber daya terpisah/separately excited, jika arus medan dipasok dari sumber terpisah maka disebut motor DC sumber daya terpisah.
  2. Motor DC sumber daya sendiri/self excited, pada motor DC sumber daya sendiri ini terbagi menjadi 3 type, yaitu motor seri, motor shunt, dan motor kompon/gabungan.
  • Motor seri, yaitu motor DC dimana gulungan medan dihubungkan secara seri dengan gulungan dinamo. Sehingga arus medan sama dengan arus dinamo.
  • Motor shunt, yaitu motor DC dimana gulungan medan dihubungkan secara pararel dengan gulungan dinamo. Sehingga total arus jalur merupakan jumlah arus medan dan dinamo.
  • Motor kompon atau gabungan, yaitu motor DC dimana gulungan medan dihubungkan secara seri dan pararel dengan gulungan dinamo. Sehingga setting awal torque bagus dan stabil kecepatannya.

Sampai disini dulu sedikit penjelasan dan pengertian singkat tentang motor listrik. Dan selanjutnya akan dijelaskan sedikit tentang rumus dasar perhitungan pada motor. seperti “menghitung arus,kecepatan dan daya pada motor AC”,  “mengenal arti parameter pada nameplate motor”, “mengukur ampere motor” dan lain-lain.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Pengertian / Penjelasan Singkat Motor Listrik"

  1. artikel yang bermanfaat kak, makasih lo kami jadi tau, kami jual gearbox motor dengan harga murah nih,

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Ddegdhihvhiutcctc ccciyvggggggg

    ReplyDelete
  4. MUARA TEKNIK ELEKTRIK
    Transformator & Automation System

    Kami Supplier Vfd Inverter dengan Merk EASYDRIVE,berikut type yang tersedia :
    - MINI-S 0.75 KW sampai dengan 1.5 KW 220Vac 1 Phase
    - Mini-L 0.75 KW sampai dengan 2.2 KW 380Vac 3 Phase
    - CV3100 0.75 KW sampai dengan 2.2 KW 220Vac 1 Phase
    - CV3100 0.75 KW sampai dengan 630 KW 380Vac 3 Phase
    - GT200 5.5 KW sampai dengan 280 KW 380Vac 3 Phase

    Garansi 1 tahun.
    Gratis antar area Jabodetabek, Cikarang dan Karawang.

    Muara Teknik Elektrik
    Transformer & Automation System
    www.mtelektrik.id
    Saepul anwar, S.kom (Official Sales & Marketing)
    0852-1552-5453
    saepul@mtelektrik.id
    Office : Jl. Raya Narogong No.KM. 11, RT.002/RW.010, Bantargebang, Kota Bks, Jawa Barat 17151
    Workshop : Kp. Ciketing RT. 001/002 kelurahan. Sumur batu, RT.004/RW.002,
    kecamatan, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat 17151

    ReplyDelete