Dioda Penyearah : Detektor Puncak

Detektor puncak adalah hubungan antara dioda dan kapasitor yang dirangkai secara seri dan menghasilkan output tegangan DC yang sama dengan nilai puncak pada sinyal AC yang diterapkan sebagai tegangan input. Rangkaian detektor puncak dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Pada saat dioda (forward bias) menghantarkan arus pada setengah siklus positif, capasitor akan mengisi muatannya hingga puncak gelombang. Dan pada saat setengah siklus negatif, dioda akan reverse bias dan nilai puncak akan menurun, pada saat itu capasitor akan mengeluarkan muatan gelombang puncak yang disimpannya. Ketika capasitor mengeluarkan muatannya, dioda yang reverse bias akan menghalangi aliran arus dari capasitor kembali ke sumber. Dengan demikian capasitor akan meratakan atau mempertahankan nilai puncak bahkan saat gelombang turun menjadi nol. Pandangan lain dengan gambar detektor puncak dibawah ini adalah rangkaian penyearah setengah gelombang yang diberi filter capasitor pada outputnya. Perhatikan gambar berikut ini.

http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/11/Detektor-Puncak.html
Rangkaian detektor puncak : pada setengah siklus positif capasitor akan mengisi muatannya hingga puncak


Dibutuhkan beberapa siklus bagi capasitor untuk mengisi nilai puncak seperti gambar dibawah ini, hal itu karena resistansi seri (RC “konstanta waktu”). Lalu, mengapa capasitor tidak mengisi muatan hingga nilai puncak 5V ? hal itu karena dioda silikon memiliki drop tegangan maju sebesar 0,7 V, dan tegangan maju inilah yang mengurangi tegangan 5 V sebagai puncak input.

http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/11/Detektor-Puncak.html
Pengisian kapasitor ke puncak dalam beberapa siklus

Rangkaian pada gambar diatas dapat menggambarkan power supply DC dengan penyearah setengah  gelombang. Namun penyearah setengah gelombang jarang digunakan dikarenakan sulitnya penyaringan.

Semoga artikel detektor puncak ini bisa bermanfaat, baca juga artikel saya sebelumnya tentang "Rangkaian dioda penyearah gelombang AC".

#semoga bermanfaat#

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dioda Penyearah : Detektor Puncak"

Post a Comment