Pengertian Silinder Pneumatik (Air cylinder)

Silinder pneumatik adalah aktuator atau perangkat mekanis yang menggunakan kekuatan udara bertekanan (udara yang terkompresi) untuk menghasilkan kekuatan dalam gerakan bolak – balik piston secara linier (gerakan keluar - masuk). Silinder pneumatik merupakan alat atau perangkat yang sering kita jumpai pada mesin – mesin industri, baik itu dalam industri otomotif, industri kemasan, elektronik, dan berbagai industri maupun instansi – instansi yang lain. Silinder pneumatik biasa digunakan untuk menjepit benda, mendorong mesin pemotong, penekan mesin pengepresan, peredam getaran, pintu penyortiran, dan lain sebagainya. Silinder pneumatik mungkin memang memiliki banyak fungsi kegunaan, akan tetapi fungsi dasar silinder tidak pernah berubah, dimana mereka berfungsi mengkonversi tekanan udara atau energi potensial udara menjadi energi gerak atau kinetik.
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2014/03/Pengertian-Silinder-Pneumatik.html
Air cylinder


Dalam pengoperasiannya, silinder pneumatik dikontrol oleh katup atau valve pengontrol. Katup pengontrol ini berfungsi mengontrol arah udara yang akan masuk ke tabung silinder. Dengan kata lain, katup kontrol arah inilah yang mengontrol gerakan maju atau mundur (keluar atau masuk) piston. Katup kontrol arah ini biasa dikendalikan secara mekanis atau manual dengan tangan, maupun secara elektris seperti Solenoid valve.

Berikut ini adalah dua type silinder pneumatik yang paling umum atau sering digunakan di industri – industri:
1. Silinder kerja tunggal (single acting cylinder), merupakan jenis silinder yang hanya memiliki satu port untuk masuknya udara bertekanan. Silinder ini menggunakan kekuatan udara bertekanan untuk mendorong ataupun menekan piston dalam satu arah saja (umumnya keluar). Dan menggunakan pegas pada sisi yang lain untuk mendorong piston kembali pada posisi semula. Akan tetapi silinder ini memilki kelemahan dimana sebagian kekuatan dari silinder hilang untuk mendorong pegas. Perhatikan gambar animasi gerak dari silinder kerja tunggal berikut ini:

http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2014/03/Pengertian-Silinder-Pneumatik.html
Silinder kerja tunggal
2. Silinder kerja ganda (double acting cylinder), merupakan silinder yang memiliki dua port untuk instroke dan outstroke. Silinder jenis ini menggunakan kekuatan udara bertekanan untuk mendorong piston keluar dan mendorong piston untuk kembali pada posisi awal (menarik kedalam). Sehingga silinder ini membutuhkan lebih banyak udara dan katup pengontrol arah yang lebih kompleks bila dibandingkan dengan silinder kerja tunggal. Berikut ini gambar animasi gerak dari silinder kerja ganda:

http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2014/03/Pengertian-Silinder-Pneumatik.html
Silinder kerja ganda
Untuk menjaga kinerja dari silinder pneumatik, maka diperlukan perawatan yang secara berkala. Dimana dalam perawatan ini yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari udara. Kualitas udara bertekanan yang masuk ke tabung silinder harus dalam keadaan kering, bersih, dan tidak mengandung air. Sehingga perlu diperhatikan sistem penyaringan (filter) dan pengeringan (dryer) udaranya, apakah dalam keadaan baik atau buruk? Kemudian kita juga harus perhatikan pergesekan akibat pergerakan keluar masuknya piston. Dalam sistem pneumatik biasanya juga terdapat lubrikator yang memberikan pelumasan untuk mengurangi pergesekan dalam silinder. Rusaknya seal akibat masa pemakaian yang lama (lifetime), aus atau berbagai penyebab yang lainnya akan menyebabkan kebocoran udara pada silinder. Periksa kebocoran udara pada silinder secara manual dengan cara melepas salah satu selang masuknya udara, lalu coba aktifkan silinder secara manual dan perhatikan apakah ada udara yang keluar dari port yang selangnya dilepas tadi. Lakukan pengecekan seperti ini pada sisi yang lainnya. Dan apabila ditemukan kebocoran maka pergantian seal harus dilakukan, karena apabila rusaknya seal tersebut akibat aus dan tidak diganti, maka akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah, seperti scratch atau goresan – goresan pada tabung rumah silinder. Dalam pergantian seal kit akan lebih baik diganti semua, karena sulit bagi kita untuk mengetahui baik – buruknya keadaan seal tersebut, selain itu agar lifetime dari semua seal (seal package) yang ada pada silinder tersebut sama.

Semoga artikel pengertian dasar silinder pneumatik ini bermanfaat. Baca juga artikel selanjutnya “Prinsip kerja solenoid valve”.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Pengertian Silinder Pneumatik (Air cylinder)"

  1. bagus banget buat new member

    ReplyDelete
  2. beruntung banget ketemu blog ini.
    jelasin dong yang katup kontrol arah hihi. terimakasih

    ReplyDelete
  3. DEAR

    Pimpinan / Importer PerusahaanAttn: Import & DomestikPerihal:Letter Partner Cargo Import & Domestics
    Dengan hormat,
    Kami dari PT.TIGA TIGA INDONESIA INTERNASIONAL mengenalkan diri sebagai perusahaan Exspedisi cargo air & Exspedisi Cargo Ships (EMKL) Int'l Freight Forwarding dan Customs Clearance,Yang berdomesili di jakarta selatan Indonesia,Kami siap bekerjasama with your party.Layanan di Perusahaan Kami:
    Jasa Pengiriman Air & LautEx-Work, FOB, CNF & CIFImport Door to Door ServiceCustoms Clearance Import ResmiCustoms Clearance ExportCustoms Clearance Import Borongan (All-In)Under Name(Consignee)Domestik Antar PulauPT.Tiga Tiga Indonesia Internasional
    Berkomitmen untuk menjadi mitra yang baik dan tepat bagi pelanggan yang mengimport planing.Jika perusahaan Bapak / Ibu tidak memiliki Izin Import, sedangkan kebutuhan untuk mengimport Sangat mendesak, maka kami menawarkan solusi yang tepat dalam hal importasi dengan sistem UNDER NAME(Consignee)Jadwal konsolidasi Import Door to Door By Air & By Sea:
    SingapuraKeIndonesiaChinaKeIndonesiaTaiwan KeIndonesiaMalayasiaKeIndonesiaEropaKeIndonesia
    System Service:  DOOR TO DOOR (Ex - Work), DIRECT STATE OF ORIGIN
    TRANSHIPPMENT SINGAPORE, SINGAPORE AGENT CONSIGNEE PORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) CUSTOM CLEARANCE SERVICE OFFICIAL, HAVE PERMISSION TO LEGAL OWNER OF IMPORTED GOODSPORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) RENTAL FLAG (UNDER NAME) AUTHORIZED SERVICE & WHOLESALE, WE IMPORT PERMITS LEGALITY

    Jika Anda membutuhkan jasa pengiriman silahkan menghubungi kami kapan saja. Bila ada hal yang hendak di tanyakan lebih lanjut.Hubungi  kami 

    JOELPT Tiga Tiga Indonesia InternasionalGedung Granada Regatama Room A206 Setia Budi JakselPhone   : 021 - 2232 3158Fax     : 021 - 2283 3021Hp/WA   : 085275051786Email   : joelalfarishi@gmail.com 

    ReplyDelete