Pengalaman Merencanakan Instalasi Rumah Sederhana

Setelah begitu lama saya membagi-bagikan artikel tentang belajar PLC beserta cara merencanakan rangkaian kontrol (program PLC). Rasanya ada yang kurang bila kita sudah mengerti sejauh itu tentang PLC namun untuk instalasi sebuah rumah atau gedung saja kita tidak bisa. Maka, artikel kali ini saya akan membahas tentang merencanakan instalasi rumah sederhana yang sempat membuat saya sedikit pusing dan bingung karena saya tidak bisa membuat rangkaian instalasi yang sederhana itu. Biasanya orang sering menganggap instalasi rumah itu sepele karena itu dasar di dunia kelistrikan. Kenapa saya membuat artikel ini? Itu semua berawal dari pengalaman saya sekitar 2 tahun yang lalu. Saat itu ada teman saya yang bertanya pada saya tentang instalasi rumah. Saya yang begitu percaya diri dengan pengetahuan saya tentang instalasi rumah/gedung ternyata juga tidak bisa membuat instalasi rumah sederhana tersebut. Sebenarnya instalasi rumahnya memang benar – benar sederhana bahkan instalasi sederhana ini bisa dibuat oleh siswa smk kelas 1 jurusan kelistrikan. Karena saya masih ingat dulu waktu smk pernah membuat simulasi instalasi tersebut di sebuah rumah kayu. Namun saya sudah lupa meskipun sebenarnya ilmu dalam dunia engineering itu bukan ilmu hafalan. Saya mencoba untuk merangkai namun skill merangkai instalasi saya benar-benar tidak bisa membuatnya, itu mungkin karena saya masih sedikit amatiran. Akhirnya setelah beberapa jam saya menyerah membuat instalasi tersebut dan mencoba menanyakan instalasi tersebut pada teman saya yang menjadi electrical programmer di sebuah perusahaan. Namun saya juga sangat kaget ketika teman saya yang sudah sarjana elektro dan bekerja menjadi seorang programmer PLC itupun juga tidak bisa merangkainya dengan alasan lupa. Bukankah ini sebuah pengalaman yang fenomenal dan berharga untuk di share. Akhir cerita saya tahu jawaban rangkaian instalasi itu dari teman saya yang lulusan smk dengan tanpa berfikir dan langsung menggambarkan rangkaian itu di selembar kertas. Jika anda adalah orang yang berkecimpung di dunia listrik apakah anda bisa merangkainya bila anda lupa atau anda tidak tahu sebelumnya?? Mungkin anda bisa jika anda memang ahli. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan ini pada teman anda yang anda anggap ahli dalam dunia instalasi kelistrikan. Dan saya yakin salah satu dari teman anda yang ahli itu pasti juga tidak bisa membuat/menjawabnya.


Jadi begini perencanaan instalasi nya:
Ada sebuah lorong ruangan. Bila ada orang yang masuk lorong ruangan tersebut dari pintu 1 dan ingin menghidupkan lampu harus menekan sebuah saklar yang ada di dekat pintu 1 tersebut. Bilamana orang tersebut ingin keluar dari pintu 2 dan ingin mematikan lampu, orang tersebut tidak perlu menuju ke saklar di dekat pintu 1 karena di pintu dua juga ada saklar untuk menghidupkan dan mematikan lampu. Dengan kata lain lampu – lampu di lorong ruangan tersebut bisa dihidupkan dan dimatikan dari ke dua saklar yang ada di pintu satu dan ada di pintu 2. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/08/pengalaman-merencanakan-instalasi-rumah_3932.html



Jadi inilah rangkaian instalasinya (Dengan saklar tukar)
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/08/pengalaman-merencanakan-instalasi-rumah_3932.html

Benar – benar sederhana bukan? Dan sangat mudah. Hanya menggunakan 2 buah lampu dan 2 saklar tukar. Ingat harus saklar tukar, karena jenis saklar inilah yang membuat semua orang sedikit kesulitan saat merangkainya karena kebanyakan orang akan mencoba merangkai perencanaan instalasi dengan saklar biasa (tunggal). Semoga artikel pengalaman ini bisa bermanfaat bagi anda. terima kasih.


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Pengalaman Merencanakan Instalasi Rumah Sederhana"